WORKSHOP PENYUSUNAN RPP BERDIFERENSIASI

Penerapan pembelajaran berdiferensiasi memberikan dampak bagi sekolah, kelas dan terutama siswa. Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang mengakomodir kebutuhan belajar siswa. Guru memfasilitasi siswa sesuai dengan kebutuhannya, karena setiap siswa mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, sehingga tidak bisa diberi perlakuan yang sama.

SMP Negeri 1 Minggir bergerak cepat memperkuat kompetensi guru dalam penyusunan rencana pembelajaran berdiferensiasi dengan menyelenggarakan “Workshop Penyusunan RPP Berdiferensiasi”. Kegiatan ini berlangsung selama 3 (tiga) hari, mulai 13 – 15 Desember 2022. Bertempat di ruang Laboraturium IPA SMP Negeri 1 Minggir, dengan diikuti peserta sebanyak 40 guru. Narasumber dalam workshop kali ini merupakan Pengawas Managerial SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman yaitu Bapak Moh. Afif, S.Pd.dan Guru Penggerak Tk. SMP Kabupaten Sleman yaitu Ibu Eni Estuti Sabaryati, S.Ag., M.Pd.

Pembelajaran berdiferensiasi sangat berkaitan dengan filosofi pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara, nilai dan peran guru penggerak, visi guru penggerak, serta budaya positif. Salah satu filosofi pendidkan menurut Ki Hajar Dewantara adalah sistem “among”, guru harus dapat menuntun murid untuk berkembang sesuai dengan kodratnya, hal ini sangat sesuai dengan pembelajaran berdiferensiasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *